No Number komburkopi.blogspot.co.id

Saturday 21 May 2016

Info Unik : Apa Fungsi Bulu Rambut Tipis Ban Baru ?

14:29:00

Share it Please

Apa Fungsi Bulu Rambut Tipis Ban Baru ?

Ilustrasi Rambut Tipis Pada Ban Baru
Pernahkah Kamu penasaran, apa fungsi bulu rambut yang terdapat pada ban baru? Dari obrolan disekitar bengkel, ada banyak pernyataan mengenai tonjolan karet yg muncul di sisi luar ban itu tapi dari kacamata pembuat nyata-nyatanya fungsinya lebih bermanfaat saat produksi ketimbang sudah menjadi barang jual. Supaya lebih mudah dimengerti ada baiknya kita pahami dulu soal proses pembuatan ban. Lihat gambar ilustrasi berikut ini :
Ilustrasi proses terbentuknya rambut halus pada ban

Ban merupakan komponen yg terdiri lebih dari 200 material. Ban diproduksi seperti menggulung benang layangan, lapisan demi lapisan direkatkan tumpang tindih hingga akhirnya lapisan tapak yg nantinya bersentuhan langsung dgn aspal ditempel.

Ban setengah jadi itu lantas dimasukan ke alat cetakan berisi air panas bertekanan tinggi. Pada proses ini ban bakal mendapatkan motif tapak dan semua simbol seperti yg biasa kita lihat. Tahapan ini dinamakan curing atau istilah mudahnya ban sedang dimasak.

Tekanan dari bagian dalam memaksa ban mengikuti bentuk cetakan. Dalam keadaan ini semua komponen disatukan dengan cara kimiawi sampai membuat ban menjadi elastis.

Pada cetakan terdapat vent hole atau jalur udara buat membuang udara yg terjebak.

Dikala proses itu berlangsung sebahagian material ban ada yang terdorong ke jalur udara. Setelah proses curing selesai bagian itulah yg membentuk rambut-rambut pada ban.
Seandainya vent hole itu enggak ada, kelak bentuk ban jadi tidak rapi.
Setelah selesai diproduksi, rambut itu tidak ada gunanya. Walau demikian sering kali kehadiran rambut bermanfaat utk mengasumsikan keadaan ban masih baru. Rambut itu tak mempengaruhi daya cengkeram ban waktu digunakan.

Bagaimana teman, kamu udah gak penasaran lagi kan dengan fungsi bulu halus pada ban yang baru kamu belikan !!!
silahkan dishare ya apabila artikel ini menarik

0 comments:

Post a Comment